the anti-wisdom for insanity

Monday, August 21, 2006

upacara tumbuh gigi ^_<;;;

heran gw...sekian taon jadi pelajar dan terutama mahasiswa antropologi kok g gak pernah nemu ya yang namanya upacara tumbuh gigi?

tolok ukur kedewsaan seseorang selalu diukur dari kematangan biologis dan umurnya (dalam bbrp kebudyaan traidisional diukur dari kemampuannya dalam berpartisipasi di perang dat macemnya mengayau dan menguliti kepala laan, gitulah kira2 -_-;;;) tapi pernah gak sekali2 mikir kalo tolok ukur kedewasaan (at least kedewasaan biologis) juga harusnya bisa diukur dari ada/tidaknya gigi geraham yg paling blkg?

jadi ceritanya krn 2 bln terakhir ini geraham atas blkg g numbuh (tapi entah gimana kayanya pertumbuhannya mandegh neh, kayanya baru jadi seperempatnya doang--ga sakit loh, ga kaya mitosnya, tapi kayanya gusi daerah sekitar gigi itu jadi rada2 sensi, ada yg nyangkut dikit pasti jd berasa aneh -_-;;) dan dari situlah kepikiran ide aneh bin ajaib ini

kalo mengukur kedewasaaan berdasarkan umur, ada ritual yg diadaptasi dr kebudayn non-indonesia yaitu sweet 17 plus kado berupa KTP, sementara kedewsaan biologis terutama diukur dari kematangan organ reproduksinya, satu hal yg menurut g sangat menunjukkan identitas asli org indonesia, mikirnya sex mulu! makanya kalo ada cw di atas 30 taon belon nikah pasti selalu diinterogasi macem2. bener2 negara yg penduduknya ramah dan perhatian; saking perhatiannya mereka sampe lupa batas2 ranah privat dan yg publik! apa emang penduduknya bego2 semua ya? terus gimana ama yg mandul? kesian kan kalo gitu caranya?!

tapi balik ke topik, geraham paling ujung itu kan cuma tumbuh saat org umurnya antara 'hampir' sampe 'lewat' 20 taonan (ya lo bisa tebak sendiri umur g brp -_-;;) dengan kata laen, 'cuma tumbuh saat org udah mulai masuk kemtangan fisik terlepas dari masalah organ reproduksi yg laknat ntuh' tapi kenapa sampe sekrg ga pernah ada yg menjadikannya sebuah tolok ukur kedewasaan coba? kan persyaratan ini lebih mudah daripada masalah reproduksi, betul gak? jadi gimana kalo sekarang kita bikin ritual dan batas baru buat mengukur suatu kedewasaan (biologis) yaitu ada/tidaknya geraham ujung. lebih kreatif kan, dan kita juga gak perlu lagi kepantek ama organ reproduksi dan dengan demikian kita gak perlu lagi mikir sex melulu!!

3 Comments:

  • Hohhh... jadi loe anak Antro yak? Ketahuan jadinya =))))))

    By Anonymous Anonymous, at 31 August, 2006 21:37  

  • Oh iya... soal tumbuh gigi... pan ada 4 tu geraham paling blakang. Trus... klo gw tetep belum tumbuh semua. Masi ada sebiji yang blon tumbuh, itu berarti paan tuh?

    By Anonymous Anonymous, at 31 August, 2006 21:38  

  • barti loe blon dewasa kakakak (boong bgt g :p)

    By Anonymous Anonymous, at 04 October, 2006 04:43  

Post a Comment

<< Home