the anti-wisdom for insanity

Monday, August 21, 2006

bedanya lukisan indonesia dan eropa *kali ini dua sekaligus :D*

kira-kira apa bedanya lukisan indonesia dan eropa secara umum?
kalo menurut g perbedaan yg paling signifikan itu adalah efek (bukan eek ya ^^;;) pencahayaan dan pemakaian warna!! selain cara menggambarkan objeknya secara umum jg beda bgt!!!

kalo sekedar efek gambar mah g maklum aja, ya jelas beda lah indon ma eropa tapi masalahnya...pencahayaannya ituuuuuu....in general aja, lukisan muka org. di barat pasti gambarnya simpel dan latarnya berwarna terang (sekalipun mgkin gbrnya ceritanya malem latarnya) sementara di indonesia lukisan yg 'besar' adalah macemnya basuki abdullah dan ato effendi yg ntah kenapa selalu bikin mrinding saat diliat dan kalo di sinetron2 penampakan biasanya malem2 matanya lirik kiri lirik kanan XP XP. gambar bangunan di eropa jg selalu digambarkan dengan banyak warna, terutama yg cerah ceria, pastel dsb. sementara di indonesia? warna umumnya adalah ijo lumut (mgkn lukisannya jg udah lumutan? mene keteheee....), item dan coklat tanah.

kalo ditarik garis ke belakang lagi, apa mungkin perbedaan ini juga karena perbedaan 'iklim' secara umum di mana indonesia alamnya masih mistis, apa2 nyasarnya ke dukun lah, kuntilberanak lah ato yg semcamnya, sementara di barat sendirikepercayaan kaya gitu mgkn dah dimasukin okultisme ato paling lo dianggep org aneh ngomongin begonoan? bukannya mistis itu emang selalu digbrkn dg warna2 suram dan gelap?

selain itu, kalo di barat iklimnya (udara) kering di sini panas dan lembab, penuh dg pohon2 tropis brukuran besar berwarna suram, ditambah dengan kelembaban yg lebih disukai tanaman berwarna suram macem jamur dan lumut

kesimpulannya: apa mgkn iklim geografis dan iklim kultural bisa sampe sejauh itu mempengaruhi alam bawah sadar seorg anggota masyarakatnya? muene ketehe?? yg jelas sampe skrg g ga pernah bisa suka ama lukisan indonesia...serem ^^;;; --> contoh org yg alam pikirannya juga mulai mistis ^_<;;

0 Comments:

Post a Comment

<< Home